OBAT PENYAKIT RIYA’1

oleh -1715 Dilihat
oleh
obat riya'

Tulisan ini adalah bagian ketiga dari artikel Riya’ dan Bahayanya yang ditulis oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdil Qadir Jawwas -حفظه الله –


Bila diketahui bahwa riya’ itu dapat menggugurkan pahala amal sekaligus merusaknya dan mendatangkan kemurkaan Allah, maka harus ada usaha yang serius untuk mengenyahkannya. Mengobati penyakit riya’ terdiri dari ilmu dan amal. Rasanya memang pahit, tetapi hasilnya lebih manis daripada madu.

Obat (dari Riya’) tersebut adalah :

a.Mengetahui macam-macam tauhid yang mengandung kebesaran Allah Ta’ala (Tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma’ wa Shifat). 2

Mempelajari Tauhid Asma‘ wa Shifat akan membersihkan hati yang lemah. Apabila seorang hamba mengetahui bahwa Allah saja yang dapat memberikan manfaat dan mudharat, maka ia akan menghilangkan rasa takut kepada manusia. Setan memang selalu menghiasi ibadahnya di hadapan mereka dan menjadikannya takut dicela dan ingin disanjung. Demikian pula apabila ia mengetahui bahwa Allah as Sami’ (Maha Mendengar) dan al Bashir (Maha Melihat), Dia mengetahui mata yang khianat yang tersembunyi di dalam dada, maka ia akan mencampakkan semua pandangan manusia. Dia akan taat kepada Allah seolah-olah ia melihatNya, Allah pasti akan melihatnya. Dengan demikian riya’ ini akan lenyap dari dirinya.

b.Mengetahui apa yang Allah sediakan di akhirat berupa kenikmatan yang abadi dan adzab yang pedih.

Allah سبحانه وتعالى berfirman :

قُلْ اِنَّمَآ اَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوْحٰٓى اِلَيَّ اَنَّمَآ اِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌۚ فَمَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ رَبِّهٖ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَّلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهٖٓ اَحَدًا ࣖ

Katakanlah : “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwa sesungguhnya Sesembahan kamu itu adalah Sesembahan Yang Maha Esa. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seseorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nya”.(QS al Kahfi :110).

Apabila seorang hamba memahami surga yang Allah sediakan bagi orang yang bertakwa, maka dia akan meremehkan kelezatan dunia yang bersifat sementara ini. Termasuk di dalamnya pujian dan sanjungan manusia. Dan apabila seorang hamba mengetahui apa yang Allah sediakan bagi orang yang berlaku riya’ di neraka, maka ia akan berlindung kepada Allah dan tidak takut celaan manusia. Orang yang ia perlihatkan amalnya, tidak akan mampu menolong sesuatu yang datang dari Allah pada hari Kiamat.

c.Hendaklah takut terhadap perbuatan riya’

Bila seseorang merasa takut dengan perbuatan ini, ia akan selalu berhati-hati. Bila bergejolak penyakit ingin dipuji dan disanjung, ia akan mengingatkan dirinya tentang bahaya riya’ dan kemurkaan Allah yang akan ia peroleh. Hendaklah ia senantiasa mempelajari pintu masuk serta halusnya riya’ , sehingga ia benar-benar selamat darinya.

d.Menjauhkan diri dari celaan dan murka Allah.

Di antara sebab-sebab riya’ adalah takut terhadap celaan manusia. Tetapi orang yang berakal akan mengetahui, bahwa takut terhadap celaan atau murka Allah itu lebih utama. Hendaklah ia mengetahui, bahwa takut terhadap celaan Allah adalah dengan mendekatkan diri kepadaNya. Niscaya Allah akan melindunginya dari manusia yang tidak dapat memberikan manfaat kepadanya.

e.Memahami kedudukan sebagai hamba Allah.

Hendaklah seseorang mengetahui secara yakin, bahwa dirinya seorang hamba yang tidak berhak menuntut upah dalam beribadah kepada Allah. Dia mentauhidkan Allah karena merupakan tuntutan ibadah, sehingga ia tidak berhak menuntut hak. Adapun pahala yang ia peroleh dari Allah adalah merupakan perbuatan ihsan (baik) kepadaNya. Maka, ia hanya berharap pahala dari Allah, bukan dari manusia. Yang berhak memberikan pahala hanya Allah. Karena itu, seorang hamba wajib beribadah semata-mata karena Allah.

f.Mengetahui hal-hal yang dapat membuat setan lari.

Setan adalah musuh manusia. Dia merupakan sumber riya’, bibit dari setiap bencana. Setan selalu ada pada setiap waktu, dalam semua kehidupan manusia, dan senantiasa mengirimkan pasukannya untuk menghancurkan benteng pertahanan manusia. Dia menghasung pasukannya yang terdiri dari pasukan berkuda dan berjalan kaki. Dia selalu memberikan angan-angan, menjanjikan segala sesuatu. Namun sebenarnya apa yang dijanjikan setan, semuanya hanyalah tipuan belaka. Dia menghiasi perbuatan yang mungkar sehingga seolah-olah menjadi perbuatan baik. Hakikat ini harus diketahui oleh setiap muslim, agar ia selamat dari riya’. Dia juga harus menjaga beberapa hal yang dapat mengalahkan setan.

Ada beberapa amalan dari Rasulullah ﷺ , yang apabila diamalkan, maka setan akan lari. Di antaranya adalah dzikir kepada Allah dengan dzikir yang disyariatkan, membaca al Qur‘an, membaca isti‘adzah (berlindung dari godaan setan yang terkutuk), membaca bismillah ketika masuk dan keluar rumah, membaca doa ketika masuk dan keluar WC, membaca doa ketika bersetubuh. Setan juga lari ketika mendengar seruan adzan, dibacakan surat al Baqarah, ayat Kursi, dibacakan surat al Falaq, an Naas dan lain-lain.

g.Menyembunyikan amal

Orang yang berbuat ikhlas akan senantiasa takut pada riya’. Oleh karena itu ia akan bersungguh-sungguh melawan tipu daya manusia dan memalingkan padangan mereka agar tidak memperhatikan amal-amal shalihnya. Dia akan berupaya keras menyembunyikan amalnya, dengan harapan, supaya ikhlas amalnya, dan agar Allah membalas pada hari Kiamat dengan keikhlasannya. Memang pada awalnya berat, tetapi jika sabar, Allah pasti akan menolongnya. Rasulullah ﷺ bersabda :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ الْغَنِيَّ الْخَفِيَّ

Sesungguhnya Allah mencintai hambaNya yang takwa, yang selalu merasa cukup dan yang menyepi untuk beribadah. (HSR Muslim, no. 2965 dan al Baghawi, XV/21-22 no. 4228 dari Sa’ad bin Abi Waqash).

h.Tidak peduli dengan celaan dan pujian manusia.

Banyak orang binasa karena takut celaan manusia, senang dipuji, hingga tindak-tanduknya menuruti keridhaan manusia, mengharapkan pujian dan takut terhadap celaan mereka. Padahal yang seharusnya diperhatikan adalah, hendaknya kita bergembira dengan keutamaan dan rahmat dari Allah, bukan dengan pujian manusia. Allah سبحانه وتعالى berfirman :

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmatNya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (QS Yunus : 58).

Demikian pula kita harus melihat orang yang mencela dan memfitnah kita. Apabila ia benar dan memang untuk menasihati kita, maka kita tidak perlu marah. Karena dia telah menunjukan aib kita dan mengingatkan kita dari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Seandainya ia berbohong kepada kita dan mengada-ada terhadap kesalahan tersebut dan mencelanya, maka kita harus memikirkan tiga perkara:

1.Jika kita bersih dari kesalahan itu, maka kita tidak lepas dari aib atau kesalahan yang lain. Karena sesungguhnya manusia banyak berbuat salah dan banyak sekali aib kita yang Allah tutupi. Ingatlah nikmat Allah, karena si pencela tidak mengetahui aib yang lain dan tolaklah dengan cara yang baik.

  1. Sesungguhnya membuat-buat berita untuk mencela kita dan memfitnah, semua ini adalah penghapus dosa kita, jika kita sabar dan mengharapkan pahala dari Allah.
  2. Orang yang mencela dan memfitnah kita akan mendapat kemurkaan dari Allah. Allah سبحانه وتعالى berfirman:

وَمَنْ يَّكْسِبْ خَطِيْۤـَٔةً اَوْ اِثْمًا ثُمَّ يَرْمِ بِهٖ بَرِيْۤـًٔا فَقَدِ احْتَمَلَ بُهْتَانًا وَّاِثْمًا مُّبِيْنًا ࣖ

Dan barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, Kemudian dituduhkannya kepada orang yang tidak bersalah, Maka Sesungguhnya ia telah berbuat suatu kebohongan dan dosa yang nyata. (QS an Nisaa‘ : 112).

Kita harus berusaha untuk memaafkannya, karena Allah سبحانه وتعالى cinta kepada orang-orang yang suka memaafkan. Seorang muslim harus ingat, bahwa tidak ada artinya pujian manusia, bila hal itu menimbulkan kemurkaan Allah. Pujian mereka tidak pula membuat kaya dan berumur panjang. Begitu pula celaan mereka ketika kita meninggalkan sesuatu. Celaan mereka tidak membuat kita berada dalam bahaya dan tidak pula memendekkan umur kita, serta tidak menangguhkan rezeki. Semua manusia adalah lemah, tidak berkuasa terhadap manfaat dan mudharat dirinya, tidak berkuasa terhadap hidup dan matinya serta tempat kembalinya. Jika ia menyadari hal itu, tentu dia akan melepaskan kesenangannya pada riya’. Lalu menghadap kepada Allah dengan hatinya. Sesungguhnya orang-orang yang berakal tidak menyukai apa-apa yang berbahaya bagi dirinya dan yang sedikit manfaatnya.

I. Rasulullah ﷺ mengajarkan kepada kita do’a yang dapat menghilangkan syirik besar dan kecil (riya’).

Dari Abu Ali, seorang yang berasal dari Bani Kahil, berkata: Abu Musa al Asy’ari berkhutbah di hadapan kami seraya berkata: “Wahai sekalian manusia. Takutlah kalian kepada syirik ini, karena ia lebih halus daripada rayapan semut”. Kemudian Abdullah bin Hazan dan Qais bin al Mudlarib mendatangi Abu Musa seraya berkata: “Demi Allah, engkau harus menguraikan apa yang engkau katakan atau kami akan mendatangi Umar, baik kami diizinkan atau tidak,” lalu Abu Musa berkata: “Kalau begitu, aku akan menguraikan apa yang aku katakan. Pada suatu hari Rasulullah ﷺ pernah berkhutbah di hadapan kami seraya bersabda: ‘Wahai sekalian manusia, takutlah pada syirik ini, karena ia lebih halus daripada rayapan semut’. Kemudian orang yang dikehendaki Allah bertanya kepada beliau ﷺ : ‘Bagaimana kami bisa menghindarinya, sedangkan ia lebih halus dari rayapan semut, ya Rasulullah?’ Beliaun menjawab, ’Ucapkanlah:

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمُهُ

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari mempersekutukanMu dengan sesuatu yang kami ketahui, dan kami memohon ampunan kepadaMu dari apa yang kami tidak ketahui’.” (HSR Ahmad IV/403 dan ath Thabrani, isnad dan perawi-perawinya tsiqah (terpercaya) selain Abu Ali, karena sesungguhnya ia tidak dianggap tsiqah, kecuali oleh Ibnu Hibban. Hadits ini hasan, lihat Shahih Targhib wat Tarhib, no. 36).

J. Berteman dengan orang ikhlas, shalih dan bertakwa.

Di antara faktor yang dapat mendorong berbuat ikhlas ialah berteman dengan orang-orang yang ikhlas, agar kita dapat mengikuti jejak dan tingkah laku mereka yang baik. Dan kita harus waspada kepada orang-orang yang riya’, yang akan membawa kepada kebinasaan.

FAIDAH DAN PELAJARAN DARI HADITS INI 3

  1. Sangat keras haramnya riya’.
  2. Syirik dibagi dua, yakni syirik akbar dan syirik ashgar.4
  3. Riya’ termasuk syirik kecil.
  4. Dosa syirik kecil lebih besar daripada dosa besar lainnya.
  5. Riya’ lebih halus daripada rayapan semut.
  6. Nabi ﷺ sangat khawatir bila umatnya melakukan riya’.
  7. Rasulullah ﷺ sangat sayang kepada umatnya. (Lihat QS at Taubah : 128).
  8. Beramal dengan riya’ adalah ciri-ciri orang munafiq (QS an Nisaa‘ : 142).
  9. Allah sangat murka kepada orang-orang yang berbuat riya’.
  10. Allah Maha Kaya dan tidak butuh kepada hambaNya
  11. Allah tidak ridha jika dalam ibadah yang semestinya ditujukan hanya kepadaNya, lalu Dia dipersekutukan dengan makhlukNya.
  12. Amal yang dilakukan dengan riya’ akan dibatalkan oleh Allah dan tidak diberi pahala.
  13. Neraka dipanaskan pertama kali untuk orang-orang yang berbuat riya’.
  14. Orang yang berbuat riya’ akan dihinakan dengan diseret wajahnya dan dilemparkan ke neraka.
  15. Orang yang beramal dengan riya’ mengambil pahala di dunia dari manusia, yaitu berupa pujian dan sanjungan.
  16. Orang yang berbuat riya’, pada hari Kiamat tidak mendapatkan pahala, melainkan siksa yang sesuai dengan amal mereka.
  17. Riya’ ada bermacam-macam, ada yang jelas dan ada yang tersembunyi.
  18. Wajib bagi setiap muslim berhati-hati dari riya’, sum’ah dan ‘ujub.
  19. Manusia senantiasa digoda oleh setan hingga rusak keikhlasannya. Dan setan berjalan di dalam tubuh anak Adam seperti aliran darah.
  20. Wajib ikhlas karena Allah dalam mengerjakan seluruh amal.
  21. Seseorang tidak boleh meninggalkan amal yang wajib atau sunah yang rutin karena takut riya’.
  22. Amal yang dilakukan dengan ikhlas, lalu mendapatkan pujian tidak termasuk riya’.
  23. Penetapan bahwa Allah berkata atau bercakap-cakap menurut kehendakNya. 24.Selalu berdoa agar dijauhkan dari riya’. Wallahu a’lam

Maraji’:

  1. Tafsir Ibnu Katsir, Cet. Maktabah Daarus Salaam, Th. 1413 H.
  2. Tafsir Qurthubi, Cet. Daarul Kutub al Ilmiyyah, Th. 1420 H
  3. Kutubus Sittah
  4. Musnad Imam Ahmad
  5. Sunan ad Darimi
  6. Shahih Ibnu Khuzaimah
  7. Mawariduz Zham’an
  8. Mustadrak Hakim.
  9. Syarah Muslim oleh Imam an Nawawi dan Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari oleh Ibnu Hajar al Asqalani.

10.Syarah Sunnah Imam al Baghawi

11.Riyadhush Shalihin, oleh Imam an Nawawi.

12.Bahjatun Nadhirin Syarah Riyadhush Shalihin, Juz III, oleh Salim bin Id al Hilali, Cet. I, Daar Ibnu Jauzy, Th. 1415 H.

13.Syarah Arbain oleh Imam an Nawawi.

14.Shahih at Targhib wat Tarhib, oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani.

  1. Shahih Jami’ush Shaghir, oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani.
  2. Shahih Sunan an Nasa-i, oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani.

17.Mukhtashar Minhajil Qashidin, oleh Ibnu Qudamah al Maqdisi, tahqiq Syaikh Ali Hasan bin Ali bin Abdul Hamid, Cet II, Daar Ammar, Th. 1415H.

18.Majmu’ Fatawa, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

19.Maqashidul Mukallafiin, 2 –al Ikhlas-, Dr. Umar Sulaiman al Asyqar, Cet. III, Daarun Nafais, Th. 1415 H.

20.Ar Riya’, Dzammuhu wa Atsaruhu as Sayi’ fil Ummah, Salim bin ‘Id al Hilali, Cet II, Dar Ibnu Jauzi, Th. 1413 H.

21.Al Ikhlas, Husain al ‘Awayisyah, Cet. VII, Maktabah al Islamiyah, Th. 1413 H.

22.Al Ikhlas wa Syirkul Ashghar, Abdul Aziz Abdul Lathif, Cet. I, 1412 H.

23.Al Kaba-ir, Imam adz Dzahabi, hlm. 212, Tahqiq Abu Khalid al Husein bin Muhammad as Sa’idi, Cet. Darul Fikr.

24.Kitabut Tauhid, Muhammad bin Abdul Wahhab.

25.Al Qaulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid, Syaikh Muhammad bin Shalih al ‘Utsaimin, Darul Ashimah.

26.Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, oleh Penulis, hlm. 84-96, Cet II Pustaka at Takwa, April 2005.

27.Taujihat Nabawiyah ‘ala Thariq, Dr. Sayyid Muhammad Nuh, Cet. Darul Wafa’.

28.Mu’jamul Wasith 29.Dan lain-lainnya Ditulis Tanggal 4 Ramadhan 1426H 8 Oktober 2005M


Footnote:

1) Diringkas dari ar Riya’, hlm. 61-72; al Ikhlas, hlm. 67-102 oleh Syaikh Husain al ‘Awayisyah; al Ikhlas wa Syirkul Ashghar, hlm. 13-17 oleh Syaikh Abdul Aziz Abdul Latif.

2) Tauhid Rububiyyah berarti mentauhidkan segala apa yang dikerjakan Allah سبحانه وتعالى , baik mencipta, memberi rizki menghidupkan dan mematikan serta bahwasanya Dia adalah Raja, Penguasa dan Yang mengatur segala sesuatu. Allah سبحانه وتعالى berfirman :

اَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah. Mahasuci Allah, Rabb semesta alam. (QS al A’raaf : 54).

Tauhid Uluhiyah, artinya, mengesakan Allah سبحانه وتعالى melalui segala pekerjaan hamba, yang dengan cara itu mereka bisa mendekatkan diri kepada Allah سبحانه وتعالى apabila hal itu disyari’atkan olehNya, seperti berdoa, khauf (takut), raja’ (harap), mahabbah (cinta), dzabh (penyembelihan), bernadzar, isti’anah (minta pertolongan), isthighatsah (minta pertolongan di saat sulit), isti’adzah (meminta perlindungan) dan segala apa yang disyari’atkan dan diperintahkan Allah سبحانه وتعالى dengan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun. Semua ibadah ini dan lainnya harus dilakukan hanya kepada Allah semata dan ikhlas karenaNya. Dan tidak boleh ibadah tersebut dipalingkan kepada selain Allah. (QS al Jiin : 18).

Sungguh Allah tidak akan ridha bila dipersekutukan dengan sesuatu apapun. Bila ibadah tersebut dipalingkan kepada selain Allah, maka pelakunya jatuh kepada syirkun akbar (syirik yang besar) yang tidak diampuni dosanya. (Lihat QS an Nisaa‘ : 48, 116).

Tauhid Asma ‘ Wa Shifat, maksudnya adalah menetapkan apa-apa yang Allah k dan RasulNya ﷺ telah tetapkan atas diriNya, baik itu dengan Nama-Nama maupun Sifat-Sifat Allah سبحانه وتعالى dan mensucikanNya dari segala aib dan kekurangan, sebagaimana hal tersebut telah disucikan oleh Allah سبحانه وتعالى dan RasulNya ﷺ . Kita wajib menetapkan Sifat Allah sebagaimana yang terdapat di dalam al Qur`an dan as Sunnah dan tidak boleh dita’wil. Firman Allah سبحانه وتعالى

لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Tidak ada sesuatu pun yang serupa denganNya. Dan Dia-lah Yang Maha mendengar lagi Maha melihat. (QS asy Syuura’: 11).

Lihat keterangan selengkapnya di dalam kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah oleh penulis, hlm. 84-96, Cet. II, Pustaka at Taqwa, April 2005.

3) Bahjatun Nadhirin Syarah Riyadhush Shalihin, Iqadhul Himam min Jami’il ‘Ulum wal Hikam, al Kabair, Fiqhul Islam dan Taudhihul Ahkam Syarah Bulughul Maram, al Qaulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid.

4) Perbedaan ‘syirik akbar dan syirik ashgar (kecil):

– Syirik akbar menghapuskan seluruh amal. Sedangkan syirik ashghar hanya menghapuskan amal yang disertai riya’

Syirik akbar mengakibatkan pelakunya kekal di dalam neraka, sedangkan syirik ashghar tidak sampai demikian.

Syirik akbar menjadikan pelakunya keluar dari Islam, sedangkan syirik ashghar tidak menyebabkan keluar dari Islam.

(Aqidatut Tauhid, oleh Dr. Shalih Fauzan, hlm. 80).

Majalah As-Sunnah Edisi 11/Tahun IX/1427H/2006M

Tentang Penulis: Redaksi

Majalah As-Sunnah adalah majalah dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang terbit setiap awal bulan, insyaallah. Menyajikan materi – materi ilmiah berdasarkan pemahaman para salafush sholih, dari narasumber dan referensi yang terpercaya. Majalah As-Sunnah, pas dan pantas menjadi media kajian ilmiah keislaman Anda!