Bagaimana Bentuk Salafiyyin Atas Musibah Ini?

oleh -356 Dilihat
oleh
Salafiyyun Musibah
SOAL: Kami melihat sebagian ahzab (kelompok-kelompok atau partai-partai) memberikan bantuan kepada umat Islam yang tertimpa musibah, apalagi saat kita terkena banjirmmisalnya, atau lainnya. Sementara kami, dari kalangan Salafi, perhatian mereka banyak yang terfokus dalam menjelaskan kepada umat atau membimbing umat, sedangkan mereka tidak memberi atau tidak menyumbang kepada orang-orang yang terkena musibah, kecuali sedikit. Bagaimana nasihat Syaikh kepada kami?

JAWAB: Pernyataan bahwa ahzab (kelompok-kelompok atau partai-partai) telah berbuat dan memberikan (bantuan), maka ini tidaklah tepat. Akan tetapi, ahzab ini memiliki (jaringan) informasi yang kuat; mereka menampakkan yang sedikit di hadapan manusia. Adapun Salafiyyun tidak memiliki (media) berita dan informasi yang besar, sehingga kita tidak mampu meniadakan dan menyatakan bahwa Salafiyyun tidak memberikan bantuan. Bahkan persangkaan (baik) terhadap mereka (Salafiyyun) adalah mereka memberikan bantuan. Tetapi jika didapati (masih adanya) kekurangan, maka kekurangan itu merupakan tabi’at manusia.

Dan ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengingatkan saudara-saudara kami Salafiyyin, secara umum dan khusus, untuk maju memberikan bantuan dan perhatian kepada masyarakat (yang tertimpa musibah). Nabi ﷺ bersabda:

مَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ الدُّنيَا فَرَّجَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ القِيَامَةِ

Barangsiapa menghilangkan satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan dunia dari seorang muslim, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan akhirat.

(Syaikh Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid al Halabi al Atsari )

disalin dari : Majalah As-Sunnah Edisi 01/Tahun XI/1428H/2007M

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Majalah As-Sunnah adalah majalah dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang terbit setiap awal bulan, insyaallah. Menyajikan materi – materi ilmiah berdasarkan pemahaman para salafush sholih, dari narasumber dan referensi yang terpercaya. Majalah As-Sunnah, pas dan pantas menjadi media kajian ilmiah keislaman Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.