Website Resmi Majalah As-Sunnah
Upaya Menghidupkan Sunnah

Nyeri Pinggang

0

Saya laki-laki dengan TB 170 cm. dan BB 55kg, sering mengalami sakit di bagian tulang belakang dan nyeri di persendian pinggang. Apakah betul saya mempunyai gejala penyakit ginjal? Syukran atas jawaban dokter.

Andri, Bogor

Dokter, saya pria umur 31 tahun, menderita sakit pinggang. Tiga tahun terakhir ini, saya merasakan sakit sekali, apalagi kalau mengangkat beban terasa nyeri ke pinggang. Kalau duduk terasa nyaman dengan bersandar. Sering kesemutan di kaki. Saya pernah jatuh sewaktu di SMU. Buang air kecil normal dan gangguan lainnya tidak ada. Mohon penjelasan dari dokter.

Ikhwan, Sumbar.

Jawab: Nyeri pinggang (sakit boyok, bahasa Jawa) secara medis disebut dengan Low Back Pain. Adalah keluhan yang sering dirasakan oleh seseorang. Pada umumnya terjadi karena adanya kelainan di tulang belakang yang mengakibatkan terganggunya jaringan syaraf di daerah pinggang ke bawah. Hal ini bisa terjadi akibat riwayat trauma (misal jatuh terduduk), sering mengangkat beban berat, akibat posisi yang salah (misal sering membungkuk, posisi duduk melengkung), atau adanya penyakit lain yang menyerang di tulang belakang, seperti osteoporosis, spondilitis, tumor, radang persendian, tuberkulosa dan sebagainya. Adakalanya nyeri tajam di pinggang merupakan manifestasi penyakit di daerah lain. Daerah pinggang bisa merupakan kawasan proyeksi penjalaran rasa sakit dari daerah ginjal dan perut sampai prostat.

Untuk memastikan penyebab nyeri pinggang sangat diperlukan pemeriksaan penunjang, di antaranya foto rontgen dan USG sehingga terapi dan penanganan selanjutnya bisa tepat. Tergantung penyebabnya, bila kelainan di tulang belakang, maka akan ditangani oleh bagian Orthopedi. Bila kelainan di daerah ginjal dan sekitarnya, maka akan ditangani bagian Urologi/penyakit dalam. Bila kelainan syaraf tulang belakang, maka akan ditangani bagian bedah syaraf, dan bila terdapat penyakit di dalam perut (abdomen) maka akan ditangani ahli penyakit dalam.

 

Majalah As-Sunnah BAITUNA/Edisi 06-07/Th. XII/1429H/2008M

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More