Banyak Berkeringat dan Berbau

oleh -206 Dilihat
oleh
Keringat Berbau
T: Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dokter, kenapa saya mudah mengeluarkan keringat meski saat aktifitas yang tidak terlalu berat dan berbau. Kadang cuma telapak tangan yang berkeringat. Apakah ada penyakit di dalam tubuh saya? Mohon penjelasan. Syukron.

J: Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang mengandung mineral dan air. Disamping itu, ada pula kelenjar sebacea yang mengeluarkan cairan yang mengandung lemak. Saat beraktifitas, maka hasil metabolisme tubuh yang berupa air dan mineral dikeluarkan. Sebagian besar dikeluarkan melalui keringat. Bila keringat terlalu banyak maka kemungkinan ada kelainan hormonal dalam tubuh, diantaranya tingginya hormon tiroid. Sedangkan banyaknya keringat di telapak tangan lebih banyak akibat pengaruh kejiwaan seperti stres atau ketakutan. Hal ini, karena di daerah ini kelenjar keringat dipersarafi oleh saraf otonom. Selanjutnya, banyaknya keringat yang keluar akan dapat berdampak kekurangan cairan dan mineral yang bisa membahayakan organ dalam tubuh. Untuk itu, saat keringat banyak keluar dianjurkan agar banyak minum air dan mineral sebagaimana sudah tersedia dalam bentuk minuman kemasan bermineral. Selain itu, bila kelenjar sebasea juga mengeluarkan lemak yang banyak akibat berbagai keadaan, maka lemak ini akan difermentasi oleh bakteri komensal yang memang berada di permukaan kulit. Akibat fermentasi inilah yang akan menimbulkan bau badan. Ini terjadi pada daerah-daerah lipatan tubuh, di mana penguapan terjadi sangat sedikit. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan menghilangkan penyebabnya. Hipertiroid akan dipastikan dan diobati oleh ahli penyakit dalam. Sedangkan faktor psikis akan dapat diatasi sendiri oleh penderita dengan atau tanpa bantuan orang lain. Adapun lemak, dikurangi dengan pembatasan asupan lemak seperti santan dan kacang-kacangan serta pengurangan berat badan bagi penderita obesitas (kegemukan). Yang paling penting adalah menjaga supaya tidak terjadi penumpukan keringat dengan memakai pakaian yang terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Wallâhu a’lam.

Baituna | Ramadhan-Syawwal1431H / Agustus-September 2010M

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Majalah As-Sunnah adalah majalah dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang terbit setiap awal bulan, insyaallah. Menyajikan materi – materi ilmiah berdasarkan pemahaman para salafush sholih, dari narasumber dan referensi yang terpercaya. Majalah As-Sunnah, pas dan pantas menjadi media kajian ilmiah keislaman Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.